picture pregnancy

picture pregnancy

Sabtu, 03 November 2012

14 Standar Pelayanan Antenatal Care


14 Standar Pelayanan Antenatal Care

Pelayanan Antenatal Care sesuai kebijakan program pelayanan Asuhan antenatal harus sesuai dengan standar 14 T, Yaitu meliputi :
  1. Penimbangan berat Badan : Timbang  berat badan setiap kali kunjungan.Kenaikan berat badan normal pada waktu hamil ialah sebesar pada Trimester I 0,5 Kg perbulan dan Trimester II-III 0,5 Kg perminggu.Dengan kenaikan berat badan rata-rata sebesar 6-12 kg selama kehamilan, Maksimal mengalami kenaikan berat badan sebesar 12 Kg dan minimal sebesar 6-7 Kg. Perhatikan besar kenaikan berat badan ibu, jangan sampai ibu mengalami penurunan berat badan atau jangan sampai ibu mengalami obesitas.
  2. Ukur Tekanan Darah :Tekanan darah yang normal 110/80 – 140/90 mmHg, bila melebihi dari 140/90 mmHg perlu diwaspadai adanya preeklamsi maupun eklamsi.
  3. Ukur Tinggi Fundus Uteri (TFU) :Perhatikan ukuran TFU ibu apakah sesuai dengan Umur Kehamilan atau tidak
  4. Pemberian tablet Fe sebanyak 90 tablet selama kehamilan
  5. Pemberian imunisasi TT :Selama kehamilan bila ibu hamil statusnya T0 maka hendaknya mendapatkan minimal 2 dosis (TT1 dan TT2 dengan interval 4 minggu dan bila memungkinkan untuk mendapatkan TT3 sesudah 6 bulan berikutnya). Ibu hamil dengan status T1 diharapkan mendapatkan suntikan TT2 dan bila memingkinkan juga diberikan TT3 dengan interval 6 bulan (bukan 4 minggu / 1 bulan). Bagi bumil dengan status T2 maka bisa diberikan 1 kali suntikan bila interval suntikan sebelumnya 6 bualn. Bila statusnya T3 maka suntikan selama hamil cukup sekali dengan jarak minimal 1 tahun dari suntikan sebelumnya. Ibu hamil dengan status T4 pun dapat diberikan sekali suntikan (TT5) bila suntikan terakhir telah lebih dari satu tahun dan bagi ibu hamil dengan status T5 tidak perlu disuntik TT lagi karena mendapatkan kekebalan seumur hidup (25 tahun).
  6. Pemeriksaan Hb :Hb pada ibu hamil tidakboleh kurang dari 11 gr% karena ditakutkan ibu akan Mengalami anemia.
  7. Pemeriksaan VDRL 
  8. Perawatan payudara, senam payudara dan pijat tekan payudara
  9. Pemeliharaan tingkat kebugaran / senam ibu hamil
  10. Temu wicara dalam rangka persiapan rujukan
  11. Pemeriksaan protein urine atas indikasi
  12. Pemeriksaan reduksi urine atas indikasi
  13. Pemberian terapi kapsul yodium untuk daerah endemis gondok
  14. Pemberian terapi anti malaria untuk daerah endemis malaria 
salam sehat ita listiyana

1 komentar: