picture pregnancy

picture pregnancy

Minggu, 02 Desember 2012

HIPEREMESIS GRAVIDARUM



HIPEREMESIS  GRAVIDARUM TAHUKAH ANDA????
      Hiperemesis Gravidarum
a.       Pengertian
1)      Hiperemesis gravidarum adalah muntah yang terjadi sampai umur kehamilan 20 minggu, begitu hebat dimana segala apa yang dimakan dan diminum dimuntahkan sehingga mempengaruhi keadaan umum dan pekerjaan sehari-hari, berat badan menurun, dehidrasi, terdapat aseton dalam urin. Bukan karena penyakit seperti appendisitis, pielitis dan sebagainya (Zerich, 2007).
2)      Hiperemesis gravidarum adalah mulai dari muntah yang berlebihan yang menyebabkan hingga sehari-hari dan keadaan umumnya (Saridono, 2008)
b.      Etiologi
Penyebab hiperemesis gravidarum adalah kombinasi dengan pengaruh hormonal dan faktor psikologis (Prawiroharjo, 2007).
Sedangkan menurut Zerich (2007), kejadian hiperemesis gravidarum belum diketahui secara pasti, tetapi beberapa faktor predisposisi dapat dijabarkan sebagai berikut :

1)      Faktor predisposisi dan faktor lain yang ditemukan
Primigravida, mola hidatidosa dan kehamilan ganda, frekuensi yang tinggi pada mola hidatidosa dan kehamilan ganda menimbulkan dugaan bahwa faktor hormon memegang peranan, karena pada kedua keadaan tersebut hormon khrionik gonadotropin dibentuk berlebihan.
2)      Masuknya villi knorialis dalam sirkulasi maternal dan perubahan metabolik akibat hamil serta resistensi yang menurun dari pihak ibu terhadap perubahan ini merupakan faktor organik.
3)      Alergi sebagai salah satu respon dari jaringan, ibu terhadap anak, juga disebut sebagai salah satu faktor organik
4)      Faktor psikologik memegang peranan yang penting pada penyakit ini walapun berhubugan dengan terjadinya hiperemesis gravidarum belum diketahui dengan psti. Rumah tanggal yang retak, kehilangan pekerjaan, takut terhadap kehamilan dan persalinan, takut terhadap tanggung jawab sebagai ibu, dapat menyebabkan konflik mental yang dapat memperberat mual dan muntah sebagai ekspresi tidak sabar terhadap keengganan menjadi hamil atau sebagai pelarian karena kesukaan hidup tidak jarang dengan memberikan suasana yang baru dapat membantu mengurangi frekuensi mual dan muntah. SEMOGA SEHAT SELALU,,,,,N SALAM SEHAT DR DWI ARUM INDARYANTI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar