picture pregnancy

picture pregnancy

Rabu, 26 Desember 2012

morning sickness



Menghadapi Morning Sickness
By : Indah Puji Rahayu

Mual dan muntah umumnya jadi momok bagi ibu hamil. Bagaimana mau memperhatikan asupan makanan sehat kalau setiap makanan yang ditelan akhirnya akan dimuntahkan lagi? Bahkan kadang beberapa wanita malah mengalami penurunan berat badan pada trimester pertama karena mual dan muntah yang berlebihan ini. Yuk calon Mama, cari tahu lebih banyak tentang mual dan muntah pada kehamilan alias morning sickness di sini.
Istilah morning sickness muncul karena mual dan muntah pada wanita hamil biasanya muncul di pagi hari dan membaik selama siang hari. Tapi mual dan muntah ini sebenarnya bisa terjadi pada saat kapan pun, dan bahkan bisa berlangsung sepanjang hari. Kondisi mual dan muntah ini bervariasi pada setiap wanita. Biasanya kondisi ini berlangsung selama trimester pertama, tapi pada beberapa kasus mual dan muntah bisa terjadi sepanjang masa kehamilan.
Mual dan muntah yang tidak terlalu parah tidak akan mempengaruhi kesehatan janin. Tidak masalah bila berat badan Anda tidak bertambah selama trimester pertama, asalkan Anda tidak kelaparan dan Anda mengkonsumsi air yang cukup. Asupan nutrisi yang Anda butuhkan bisa didapatkan juga melalui suplemen vitamin kehamilan. Tapi muntah yang parah dan berkelanjutan bisa berbahaya karena bisa mengakibatkan kelahiran prematur dan berat bayi kurang. Berkonsultasilah kepada dokter kandungan Anda bila hal ini terjadi.
Bila mual dan muntah Anda tidak terlalu parah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membantu mengurangi atau mencegahnya:
  1. Makan dalam porsi kecil dengan frekuensi lebih sering, sehingga perut Anda tidak kosong.
  2. Simpan cemilan ringan di dekat tempat tidur Anda. Saat bangun tidur, makan sedikit cemilan itu dan beristirahatlah sekitar 20-30 menit sebelum Anda benar-benar bangun.
  3. Pada masa kehamilan, tiap Anda biasanya menjadi jijik dengan berbagai bau yang berbeda. Ada yang jadi sangat membenci bau telur, dan ada pula yang tidak menyukai bau nasi. Hindarilah makanan dengan aroma yang memicu rasa mual Anda.
  4. Perhatikan juga hal lain yang bisa memicu rasa mual Anda, seperti bau parfum yang berlebihan, dan lain sebagainya.
  5. Rasa mual jadi semakin mudah terpicu bila Anda lelah, jadi berikan waktu untuk beristirahat bila mungkin.
  6. Agar vitamin kehamilan Anda tetap bisa diserap dengan baik, ada baiknya Anda mengkonsumsi vitamin kehamilan Anda sebelum tidur
  7. Jahe sangat membantu menghilangkan rasa mual. Parut jahe segar ke dalam air panas untuk membuat teh jahe panas. Permen jahe juga mungkin bisa membantu Anda. Oleh karena ini pula, Lactamil Awal Kehamilan diperkaya dengan jahe, sehingga membantu calon Mama mengatasi mual awal kehamilan.
Bila Anda tidak berhasil menemukan cara untuk menghilangkan rasa mual, apalagi bila Anda tidak bisa makan ataupun minum apa pun selama 24 jam, berkonsultasilah kepada dokter kandungan Anda untuk mengambil langkah yang paling baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar